frendyrusniady

Maret 31, 2012

Makalah CV

Filed under: my news — frendyrusniady @ 17:46

BAB I

PENDAHULUAN

 1.1 Latar Belakang

Untuk mendapatkan suatu perkerjaan di kantor atau di instansi , kita harus mengajukan permintaan atau permohonan ke bagian ke pegawaian . Permohonan itu tidak disampaikan secara lisan tetapi secara tertulis dalam bentuk suatu surat lamara kerja .

Perubahan dan kemjuan teknologi membawa dampak terhadap segala bidang . Termasuk pula pada tata cara pembuatan dan pengiriman surat lamaran kerja . Wujud surat lamaran kerja semakin beragam dan pembuatannya cenderung semakin praktis . Meskipun demikian ,ada prinsip-prinsip serta unsur-unsur pokok dari surat lamaran kerja yang tetap di pertahankan .

Untuk memberi pertimbangan dalam membuat jawaban dari suatu perushaaan , pelamar melampirkan sejumlah berkas dalam surat lamaran kerja tersebut . Salah satu berkas yang sangat penting dan selalu diminta adalah daftar riwayat hidup atau CV ( Curiculum Vitae ) . Oleh Karena itu , selain mampu menyusun surat lamaran, di harapkan kita sebagai orang yang tidak tahu apa-apa dapat menulis lampirannya dengan baik dan benar .

CV akan selalu digunakan untuk siapa saja yang hendak melamar suatu perkerjaan karena CV adalah bagian dari salah satu syarat yang harus dipenuhinya agar si pelamar dapat di terima atau gagal . Jadi kita sebaiknya jangan terlalu meremehkan tentang keberadaan CV ini . Makalah ini saya buat agar masyarakat dapat memahami dan tahu bagaimana tentang CV itu karena tanpa CV , si pelamar kerja kemungkinan diterima sangat kecil karena ini adalah bagian dari persyaratan dari suatu perusahaan kepada seseorang yang hendak melamar kerja .

1.2 Maksud dan Tujuan

 CV atau biasa yang kita kenal Curiculum Vitae ini bermaksud untuk membantu si pelamar kerja mendapatkan suatu pekerjaan karena di dalam CV ini terdapat hal-hal tentang diri seseorang pelamar dari ia baru lahir hingga sekarang , istilahnya CV itu di bisa anggep perjalanan hidup dari seseorang  tersebut dari dulu hingga sekarang .

Maksud seseorang membuat CV antara lain bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan karena tanpa adanya CV , si pelamar pekerjaan belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan karena belum memenuhi syarat , maka dari itu CV ini sangat perlu diperhatikan baik dalam penulisannya karena bersifat informasi yang penting dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang . Makalah dibuat , untuk memahami dan mengetahui bagaimana bentuk dari CV tersebut .

BAB II

PEMBAHASAN TEORI

 

a.)  ARTI CV

 Arti CV di bagi atas 2 pengertian , yaitu curiculum dan vitae . Curiculum itu sendiri berarti sebagai semua mata kuliah yang secara kolektif disusun dan direncanakan secara reguler oleh sekolah atau pendidikan tinggi . Vitae yang berarti segala sesuatu yang vital (penting) dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang yang bersifat kontinyu . Dengan arti singkat CV adalah daftar riwayat hidup seseorang .

Contoh CV :

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Sendi Riana Antoni, S.E.
Tempat /tanggal lahir : Bandung, 23 Nopember 1973.
Jenis Kelamin : Laki-laki.
Status Perkawinan : Menikah.
Agama : Islam.
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi-Akuntansi

PENDIDIKAN FORMAL
· SD Negeri Margahayu Raya di Bandung, berijazah tahun 1986.
· SMP Negeri 9 di Pontianak, berijazah tahun 1989.
· SMA Negeri 8 di Pontianak, berijazah tahun 1992.
· Universitas Mercu Buana di Jakarta, berijazah tahun 1998.

PENDIDIKAN NON FORMAL
· Microsoft Office (Windows, Word, Excel)
· Dac Easy Accounting.
· English for Basic Conversation.
· Internet (Homepage Design, E-Mail).
· Delphi Program.
· Video and Photo Editing.

PENGALAMAN KERJA / LAIN – LAIN
· Pernah bekerja sebagai Administrasi / Akuntansi. (Communication Company)
· Pernah bekerja sebagai Sales and Collector. (Rubber Company)
· Membuat Laporan Keuangan Komputerisasi dan Manual. (Dac Easy Accounting)
· Membuat program penghitung biaya rental. computer (Delphi Programming)
· Setting dan percetakan. (Corel Draw, Microsoft Office)
· Video Shooting, Video Clip, Photo Editing, DVD & VCD format. (Adobe, Ulead,
Pinnacle)
· Pembuatan homepage internet. (Front Page, Publisher, Dreamweaver, Manual)
· Memiliki kendaraan pribadi. (SIM A dan SIM C)
· Memiliki kemampuan berkomunikasi, berbahasa inggris, (Course English
Conversation)

KONTAK:
Alamat :Jl. Pluto Selatan III No.25, Bandung 40286
Telepon / HP : 022-7560186 / 022 – 7315390 / 0 8122 13 8233
Internet : http://www.seribu.web1000.com | kerjamail@plasa.com

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,
Sendi Riana Antoni, S.E.

Tambahan dalam menuliskan nama , perlu disertakan gelar akedemis tetapi gelar sosial seperti Raden Mas , Bandara Raden mas dan sebagainya itu jarang diperlukan . Kewarganegaraan yang biasanya optional .

Dalam vitae untuk melanjutkan pendidikan sering juga diminta untuk mencantumkan rencana tingkat pendidikan yang diinginkan , misalnya diploma saja atau Master’s degree leading to PHD degree dan lain-lain .

 

b.) FUNGSI CV

Sebelum membuat CV,  kita perlu tahu apa sebenarnya fungsi CV tersebut kita buat ? Bagaimana manfaatnya ?

CV itu berguna untuk melamar pekerjaan , untuk memenuhi persyaratan dalam usulan penelitian ( sebagai pemimpin proyek ) ,untuk melanjutkan pendidikan dan sebagainya . Sesuai dengan kegunaannya dan maksud pembuatannya , maka vitae itu bukan semata-mata berisi data pribadi . Vitae itu mementingkan perincian tentang ‘apa’ dan’siapa’ anda , jadi mencakup kepribadian anda . Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan siapa diri Anda , apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya . Oleh sebab itu , selain isinya harus lengkap , singkat , dan jelas , juga harus berpenampilan yang menarik . Namun , perlu diingat bahwa vitae itu harus bersifat ilmiah yaitu tidak emotif .

c.)   STRUKTUR UMUM CV

Secara umum , CV akan berisi sebagai berikut :

1). Data Pribadi

Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Jangan lupa menyertakan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara rekruter bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jangan sampai semua orang terkesima dengan CV Anda tapi tidak bisa menghubungi untuk proses selanjutnya.

2). Pendidikan

Bagian ini menjelaskan background pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dituju. Ada orang yang membuat CV menjelaskan dari TK, SD, SMP sampai perguruan tinggi. Hal ini tidak salah namun dalam banyak hal tidak terlalu relevan. Hal yang mungkin penting adalah pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti. Anda bisa memasukkan item pendidikan yang lebih rendah hanya jika menurut Anda punya relevansi khusus atau ada informasi tertentu yang ingin disampaikan.

3). Pengalaman Kerja

Ini adalah bagian yang paling dilihat oleh rekruter. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Karenanya bagian ini harus jelas menunjukkan apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan yang tempat kerja sebelumnya, apa yang Anda lakukan di sana.

Jadi jangan hanya menuliskan misalnya pernah bekerja di bagian Marketing perusahaan XYZ. Tetapi jelaskanlah pernah bekerja sebagai Account Representative yang bertugas mencari dan mengembangkan pelanggan dalam satu propinsi dan salah satu prestasi Anda bisa mendapat 100 pelanggan baru dalam 1 bulan yang merupakan rekor di perusahaan XYZ. Informasi ini akan membantu memahami cakupan kerja yang dilakukan, skill yang dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah yang dimiliki seorang kandidat.

Jika Anda memiliki sangat banyak pengalaman kerja, daftarkanlah pekerjaan-pekerjaan yang relevan dan berhubungan untuk menunjukkan bahwa Anda punya potensi di pekerjaan yang baru.

4). Skill Yang Dimiliki

Kadangkala Anda perlu menjelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Seringkali orang menulis skill ini secara singkat seperti: mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakukan hal yang sama.

Berikut contoh yang lebih meyakinkan dan informatif:

  • Komunikasi yang baik. Mampu berhubungan dengan pelanggan, instansi pemerintah dan meyakinkan pihak-pihak yang terkait dengan pekerjaan.
  • Negosiasi. Ahli bernegosiasi dengan supplier maupun pihak-pihak luar untuk mendapatkan tawaran yang terbaik bagi perusahaan.

5). Training Yang Pernah Diikuti

Anda perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.

6). Prestasi

Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.

Contoh :

  • Terpilih sebagai “employee of the month” di PT XYZ selama 3 bulan berturut-turut
  • Mewakili SMU ABC dalam kompetisi tingkat Propinsi di bidang Ilmu Pengetahuan Alam.
  • Juara III lomba inovasi bidang lingkungan dengan memimpin masyarakat Desa Wonosari dengan karya “membuat sistem komposter dari tong bekas”

Banyak orang merasa tidak memiliki prestasi yang cukup. Coba ingat-ingat lagi pasti Anda pernah mencapai sesuatu yang menjadi nilai tambah dan keunikan diri Anda. Jangan lupa prestasi di bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.

7). Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan

Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Anda perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan. Ceritakan secara singkat apa yang dilakukan, peran Anda di organisasi tersebut dan pencapaian yang didapat.

Misal:

  • Ketua Karang Taruna Desa ABCD
    Menggalang dana masyarakat dan membuat usaha kerajinan dikelola para pemuda yang dijual ke daerah lain di Indonesia.

BAB III

PENUTUP

 

KESIMPULAN

Demikian makalah tentang CV ini dibuat , semoga dapat lebih memahami bentuk dan tulisan CV seperti apa agar para pelamar kerja dapat menuliskannya dengan baik dan benar dan semoga para pelamar kerja mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan .

Karena CV adalah gambaran diri Anda , sediakan waktu sebaik-baiknya untuk menulis dengan jelas . Manfaatkan pula untuk menjelaskan keunikan diri Anda yang membuat perbedaan dengan orang lain .

 

DAFTAR PUSTAKA

. Suryanto , Alex , Haryanta , Agus . 2006 . Bahasa dan Sastra Indonesia . Tangerang : Erlangga

. www.wikipedia.com

.  Bu Sri Juminah , Bu Maymunah , dan Bu Dian guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Cirebon

. Brotowidjoyo , Mukayat , D . 1993 . Penulisan Karangan Ilmiah . Jakarta : Akademika Pressindo

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: