frendyrusniady

November 28, 2011

Pengertian dan Perkembangannya

Filed under: my news — frendyrusniady @ 04:32

Perkembangan new media, macam-macam sosial network , dan dampak sosial network bagi masyarakat

            New media adalah media baru yang merupakan wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Dalam situasi ini banyak sekali contoh media-media baru mulai dari media elektronik sampai ke media cetak. Media elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah ada televisi masyarakat mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern seperti sekarang ini mulai berkembang dengan cepat internet yaitu jaringan antar komputer yang dapat menghubungkan langsung antara satu komputer ke komputer lainnya di seluruh penjuru dunia yang mempunyai alamat internet masing-masing yang dinamakan web. Setelah adanya internet kita dapat menambah interaksi terhadap masyarakat dunia melalui jejaring sosial yang terdapat pada internet yang saat ini telah menjadi jembatan seseorang untuk berhubungan secara tidak langsung terhadap orang lain dimanapun dia berada dan menjadi sebuah dunia baru yang sering disebut dengan dunia maya. Dampak dari new media yang telah disebutkan diatas tadi yaitu internet memiliki beberapa pengaruh positif dan negatif. Internet sangat berpengaruh positif asalkan digunakan dengan benar, seperti dibidang budaya maupun pendidikan misalkan saja pada budaya internet menjadi sebuah wadah untuk memperkenalkan budaya-budaya dari masing-masing daerah maupun negara.

SOCIAL NETWORK ( jejaring sosial )

  1. Facebook

http://www.facebook.com

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut pengguna aktif di seluruh dunia.

  1. MySpace

http://www.myspace.com/

MySpace adalah situs jejaring sosial yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, grup, blog, musik, foto, dan video. MySpace didirikan oleh Tom Anderson pada bulan agustus 2003.  Markas situs ini terletak di Beverlly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dan secara resmi MySpace berpindah tangan menjadi milih News Corporation. MySpace juga merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan bersaing ketat dengaan facebook.

  1. Twitter

http://twitter.com/

Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan ini adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.

Dampak positif dan negatif dari penggunaan jejaring sosial.

Dampak positif :

  • Mempermudah komunikasi dengan teman.
  • Memperluas jaringan pertemanan.
  • Bisa digunakan untuk mencari teman lama.
  • Bisa digunakan untuk menjual barang secara online.
  • Media penyebaran informasi.

Dampak negatif :

  • Ketergantungan.
  • Membuang-buang waktu.
  • Kejahatan dunia maya (cyber crime)

PENGERTIAN

Internet (interconnected networking) adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan bertukar informasi. Jaringan internet ini tiada batas sehingga dapat berhubungan dengan komputer di seluruh penjuru dunia. Internet sudah semakin popular digunakan sebagai media komunikasi interaktif oleh berbagai pihak dalam bentuk: e-mail, video conferencing, internet relay chat, internet phone, pertukaran data (suara, gambar, video, atau teks) dan informasi dengan sistem administrasi pemerintahan (e-goverment) atau sebagai resources discovery.  Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.

Jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25).

Tipe domain standar antara lain:

  1. .com = organisasi komersil
  2. .edu = institusi pendidikan di Amerika
  3. .ac = institusi akademik
  4. .gov = institusi pemerintah
  5. .mil = organisasi militer
  6. .net = penyedia akses jaringan
  7. .org = organisasi non-profit

 

Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:

  1. .au = Australia
  2. .ca = Kanada
  3. .id = Indonesia
  4. .jp = Jepang
  5. .my = Malaysia
  6. .sw = Swedia
  7. .th = Thailand

Dampak sosial internet bagi masyarakat:

Dampak positif :

  • Mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang lain menggunakan fasilitas chat, e-mail melalui internet.
  • Kita dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan dengan mudah menggunakan web search engine seperti google, yahoo dll.
  • Membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dengan perangkat teknologi yang semakin berkembang dan mudah digunakan.
  • Banyak muncul berbagai macam komunitas di dalam internet tersebut.

Dampak negatif :

  • Munculnya budaya plagiarisme atau mengcopy paste informasi tanpa seizin dari pemberi informasi itu sendiri.
  • Munculnya situs-situs porno.
  • Munculnya pencurian data / hack.
  • Menyebabkan ketergantungan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: