frendyrusniady

Oktober 12, 2011

Contoh Aplikasi Internet

Filed under: my news — frendyrusniady @ 23:24

E-MAIL

Kata email merupakan singkatan dari “electronic mail”, yang artinya “surat elektronik”. Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer. Lebih spesifik lagi email diartikan sebagai cara pengiriman data, file, teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan komputer. Dengan menggunakan e-mail kita dapat mengirimkan surat dengan cepat ke segala penjuru dunia dalam waktu beberapa detik saja. Yang lebih menarik, kita dapat berkumpul dengan banyak teman di internet di tempat-tempat diskusi menggunakan e-mail yang biasa di sebut dengan mailing list.

Email bermula pada tahun 1971 ketika seorang insinyur bernama Ray Tomlinson yang ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Pesan email yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan email pertama di dunia adalah “QWERYUIOP”.

Pada tahun 1972 Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun ini juga Ray mengenalkan ikon “@” sebagai identitas email untuk memisah user id dan domain sebuah alamat email, yang berarti “at” atau “pada”.

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1944, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi populer tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara Cuma-Cuma dengan web browser.

 

Komponen email

Untuk mengirim email kita harus memiliki alamat email. Caranya adalah dengan kita mendaftarkan diri ke salah satu situs web penyedia layanan email. Seperti, www.yahoo.com, www.gmail.com, www.hotmail.com, dan yang lainnya.

Alamat email memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda “@” dan dinyatakan seperti ini username@server.domain. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server.domain menyatakan identitas situs penyedia layanan email.

Biasanya, bagian username dapat berupa kata-kata, nama, singkatan, atau nomor-nomor tertentu yang tidak boleh memuat karakter-karakter khusus seperti #,$,%,&,?,<,(,), dan simbol-simbol lainnya.

Cara kerja email

Misalkan email akan dikirimkan dari komputer Ani dengan alamat email ani@a.id ke rekan ani yang bernama Beno dengan alamat email beno@b.id.

Pada gambar diatas diperlihatkan proses pengiriman email. Berikut adalah langkah-langkahnya

  1. Ani(ani@a.id) menulis email-nya dikomputer menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti, Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: di masukan alamat tujuan e-mail dalam hal ini beno@b.id. Lalu klik tombol “Send” untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id.
  2. Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id). Server smtp.a.id menngecek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini beno@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus di tujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.
  3. Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id.
  4. Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id) ke mesin smtp.b.id.
  5. Beno (beno@b.id) yang sedang menjalan perangkat lunak pembaca e-mail di komputer-nya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Ani (ani@a.id) akan terambil dan dapat di baca secara lokal di komputer Beno (beno@b.id).

Seluruh proses pengiriman e-mail ini akan memakan waktu beberapa detik saja, termasuk untuk mencapai tujuan di belahan dunia Amerika atau Eropa.

 

Jenis email

Ada 3 jenis layanan email, yaitu: pop mail, email forwarding, dan email berbasis web. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  1. Pop Mail

Email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda.

  • Kelebihannya :

Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.

  • Kekurangannya :

Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat.

  1. Email Forwarding
  • Kelebihannya:

Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.

  1. Web Based Email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web.

  • Kelebihannya:

Anda bisa mengecek email anda dari mana saja.

  • Kekurangannya:

Untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet.

 

Perkembangan internet

Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh yahoo!, google, msn, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.

Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email yang lebih fleksibel dibandingkan surat biasa sebagai media penyampai pesannya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: